Cerita dari Seorang Penggemar Xenogears

Juni 2, 2009

Memuji atau Mengejek???

Filed under: Campur-Campur,Pengetahuan / Knowledge,Sehari nya — Daut Sihombing @ 7:00 am
Tags: , , ,

Hi Temans,

tanpa terasa sudah 3 hari aq g tulis blog. padahal begitu banyak hal yang kualami dalam hidupku selama 3 hari ini. Dalam tulisan ini aq akan menjelaskan sedikit tentang memuji dengan mengejek.

APAKAH ARTI MEMUJI??? dan APA ARTI MENGEJEK???

Menurut pak Mashabi-rekan sekerja (HLO) bahwa memuji adalah mengucapkan sesuatu yang baik tentang objek bersangkutan. dan mengejek adalah kebalikan nya yaitu mengucapkan sesuatu yang jelek/buruk tentang objek tersebut.

Menurut pak Adi-rekan sekerja (Camp Assistance) juga mengatakan bahwa memuji adalah melebihkan sesuatu yang positif tentang objek yang bersangkutan, sedangkan mengejek adalah kebalikan nya yaitu merendahkan kekurangan objek yang bersangkutan.

Bagaimana jika kita ambil studi kasus:

Misalkan, ada seorang gadis namanya BUTET, dia memiliki postur tubuh yang besar dan gendut sekali. Gigi nya juga OMPONG, trus kulit nya HItAM (alamak.. lengkap kali kan?? hehe :-)). Ini adalah contoh rekayasa, saya mohon maaf jika ada orang yang benar-benar mirip.

Nah.. kembali ke LAPTOP.. KALIMAT APA YANG PANTAS DIGUNAKAN UNTUK MEMUJI / MENGEJEK NYA???
Dari hasil penelitian terhadap 2 pendapat diatas, maka dapat saya simpulkan beberapa pertanyaan yang bersifat memuji dan mengejek antara lain:

A. Sesuai dengan hasil penelitian terhadap pendapat dari pak Mashabi maka dapat disimpulkan kalimat yang memuji adalah: 

  • Hai BUTET, waduh LANGSING SEKALI BADAN MU ITU??? –> mungkin kamu akan ditampar karena dia sebenarnya gendut
  • Wah si BUTET, BAGUS SEKALI GIGI nya?? –> mungkin kamu akan di tampar juga karena gigi nya ompong
  • Wah si BUTET, KULIT MU INDAH SEKALI???–> mungkin kamu juga akan ditampar lagi ya, seolah mengejek karena kulitnya hitam

Bagaimana dengan kalimat ejekan nya??

  • Hai BUTET, KAMU kok GENDUT Sekali?? –>nah kamu akan dimusihi seumur hidup
  • BUTET, kamu kan g bisa makan daging itu, soalnya GIGI MU itu OMPONG??? –> setelah itu mungkin dia tidak mw lagi makan sama kamu.
  • BUTET, KULITMU itu KOK HITAM sekali sich?? –> nah, kamu akan balik diejekin ama dia “BIARIN weeekkk.. APA URUSAN MU??” mungkin itu katanya..

Nah, kalau untuk tanggapan pak ADI, saya kurang tau. Menurut saya, dari studi kasus yang diangkat, maka kekurangan anggota tubuh kita juga menjadi hal positif karena itu adalah CIPTAAN TUHAN. emang ada orang yang tidak bersyukur atas apa yang diperoleh nya dari Tuhan nya???.. hehehe 🙂 jadi menurut ku itu sama.

Nah, saya rasa ini baik utk di diskusikan. BAGAIMANA??

kasih komen ya, sehingga kita bisa mendapatkan seuatu yang baik dari pembelajaran ini dalam hidup. enjoyyy

Iklan

4 Komentar »

  1. Koment dikit ya…
    Dari pada ditampari si Butet dan dimusuhi seumur hidup (busyett dahhh…dendam amat) lebih baik diam aja kalo ketemu Butet. Kalo kamu yang jadi suaminya, maka terjadilah KDRT, jadi kasus deh. 😀

    Kalo menurutku, pujian sih bisa diliat dari nada dan sikap yang ngasih pujian,apakah itu beneran pujian atau pujian bernada ngejek.
    Tapi kalo ngejek ga ada pake nada pujian, ngejek ya ngejek aja, tetap aja bikin sakit hati and pastinya ga ada bagus2nya.

    cheers

    Komentar oleh EvaNancy — Juni 2, 2009 @ 2:56 pm | Balas

  2. Hai Ud, menarik juga artikelmu. Sesekali menulislah utk Tona Nadenggan, jgn di blog saja. Mengenai memuji dan mengejek, menurutku jika diucapkan berlebihan hasilnya ga bagus. Terlalu memuji terdengar pembualan, terlalu mengejek menjadi ancaman permusuhan. Jadi ucapkan seperlunya saja, pada kesempatan yang tepat. Yang jelas, kita percaya bahwa kata-kata itu berkuasa kan? Begitu dulu Ud komentarku.

    Komentar oleh rina — Juni 3, 2009 @ 7:27 am | Balas

    • wahh.. ternyata segala sesuatu yang bersifat berlebihan salah juga ya.. hehehe.. Baiklah kak, Thanks buat advise nya.

      Komentar oleh Daut Sihombing — Juni 3, 2009 @ 3:58 pm | Balas

    • O ya kak, untuk Tona Nadenggan nantilah aq coba sharing pengalaman. mudah-mudahan bisa di dengar orang banyak. Tp g keberatan kan jika aq sertakan alamat blog ku di dalam nya.. hehehhhe.. itu pun kalau kakak setuju..

      Komentar oleh Daut Sihombing — Juni 3, 2009 @ 3:59 pm | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: